Mengganti Lagu PES 2018

Halo gan, gimana kabarnya? Sehat?.....
Kembali lagi dengan tutorial paling mainstream di PES, yaitu Mengganti Lagu PES 2018.
Sebenarnya caranya sama seperti PES 2017, tetapi biar lebih fresh, saya akan membuat versi 2018nya. Oke lanjut!

INGAT!
1. JANGAN LUPA SELALU MEMBUAT BACKUP FILE CPK SEBELUM MODIFIKASI
2. Jangan Bully ane selama tutorial ini :'v

PERALATAN
1. Tool
2. Playlist (boleh donlot, boleh enggak)

Langkah 1
Buka PES Sound Converter. Siapkan 12 lagu (boleh kurang, tapi kalo lebih ane kurang paham). Convert dari MP3 ke ADX. Set Samplenya jadi 1600Hz, lainnya biarkan default. Pilih Directory Output, terserah dimana.


Langkah 2
Buka Cripacked Files - Drag file dt40_all (ada di folder data PES) ke dalam Cripackedfiles. Kemudian Extract dan taruh dalam folder.


Langkah 3
Rename semua file hasil Convert tadi yang awalnya judul_lagu.adx menjadi xxx.hca. Ubah nama file sesuai dengan gambar dibawah ini.
Itu adalah file yang sudah kalian download dari peralatan diatas tadi. Tapi jika kalian membuat file sendiri tanpa download dari blog ini juga gak masalah, intinya sama aja. Tapi supaya lebih mudah, udah ane siapkan judul lagu yang sebenarnya seperti ini.

Contoh: 000.hca adalah lagu dengan judul Beginner dari AKB48, 00a.hca adalah lagu dengan judul Kiss wa xxx dari HKT48, dst. Jadi nanti kalian tinggal ubah aja sesuai lagu favorit kalian masing2.

Langkah 4
Rename Playlist dengan membuka folder dt40 (hasil extraxt cfipacked) - common - sound - menu - playlist - open with notepad

Rename sesuai lagu yang kalian buat tadi, contohnya seperti gambar diatas. Ubah dibagian Tittle dan Artist saja, tanpa mengubah apapun termasuk tanda baca.

Langkah 5
Copy semua file HCA tadi di folder dt40 - common - sound - menu - awb.

Langkah 6
Buka QUICKBMS . buka Reimport.bat. Nanti akan muncul seperti gambar diatas.
Nanti akan muncul 3x dialog window.
- yang pertama pilih Setting kemudian Open.
- yang kedua pilih BGM_P2P.awb ( ada di folder AWB) klik Open
- yang ketiga klik SAVE langsung aja.
Ada 2 kemungkinan yang akan muncul.
Jika muncul seperti ini












ini tandanya file yang kalian import ukurannya melebihi file asli. ada 3 pilihan:
1. Jika kalian ketik "n" maka proses akan dihentikan
2. Jika kalian ketik "y" maka file akan di skip (jadi lagu itu ga akan masuk)
3. Jika kalian ketik "force" maka lagu akan dipaksa masuk
saran: ketik force saja. Tidak masalah, udah ane coba.

Jika sudah muncul seperti ini maka proses import sudah sukses dan selesai.

Selanjutnya adalah menghapus semua file hca tadi di dt40 - common - sound - menu - awb.

Langkah 7
Kembali Buka Cripackedfile dan Drag folder dt40 yang sudah kita modif tadi. Klik Build CPK file, kemudia Start Build CPK.
Jika sudah nanti akan terbentuk file dt40.cpk. RENAME menjadi dt40_all.cpk

The Last
Paste di folder data PES 2018.

dan hasilnya adalah............................
Ampun OM...Jangan bully ane jadi anak VVOTA wkwkw

Oke cukup sekian tutorial kali ini. Jika ada masalah atau kesulitan silahkan berkomentar. Bye....

Blogger PES sejak tahun 2009 dari Kediri Jawa Timur.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
October 15, 2017 at 9:38 PM delete

itu pes 2018 untuk ps3 CFW/OFW/PC ? apakah caranya sama semua untuk edit sound nya?

Reply
avatar
October 17, 2017 at 4:56 AM delete

ini untuk PC. saya kurang tau untuk mod di konsol.

Reply
avatar